Monday 14 May 2012

Mutiara Nasehat 121-130



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien

121. Pinter kok keblinger


"Jangan mencari ilmu yang lain sebelum menjiwai (paham dengan sungguh-sungguh) ilmu yang baru saja dipelajari". Karena kebanyakan ilmu tapi tidak paham hanyalah menjadikan pinter tapi keblinger ". (ashabul muslimin)


122. Mengidolakan manusia karena topengnya


"orang yang mengidolakan manusia karena rupanya, hartanya karena kedudukannya maka seakan-akan dia merelakan mukanya diinjak-injak oleh orang yang diidolakan, tapi mengidolakan manusia karena akhlaqnya dan agamanya yang lurus maka dia  sedang belajar ilmu hikmah (keteladanan)" (syair ashabul muslimin)


123. Fasiq dan kufur


“Seorang sudah bisa dikatakan sebagai seorang yang fasiq jika mulutnya rajin mengumpat dan secara dhohirnya tidak sesuai dengan batin. dan sudah bisa dikatakan kufur jika menyakiti sesama muslim (bahkan sampai membunuh) dan kufur adalah  menolak syari'at islam meskipun  mengaku islam  dan kafir adalah mengingkari islam secara keseluruhan" (ashabul muslimin)


124. Ilmu tak sekedar menghafal


"ilmu bukan sekedar hafalan tapi lebih utama pengamalan. Lalu apa bedanya otak manusia dengan memori komputer (hardisk atau flash disk) jika ilmu cuman sekedar hafalan (disimpan)".
"padahal otak komputer sekarang justru jauh lebih hebat daripada otak manusia dari segi penyimpanan data".

(ashabul muslimin)


125. Serasi tak harus sama


"Serasi tak harus sama, Justru karena perbedaan segala sesuatu jadi serasi dan harmoni, Seperti layaknya permainan musik. coba bayangkan bila nada semua intrument music sama semua iramanya , pasti tak akan dibilang sebuah "seni". Begitu pula dengan pria dan wanita semua sudah ada kodratnya masing-masing. Akan serasi bila tugas dan kewajiban sesuai gender. bila "menyetarakan" gender dengan dalih "emansipasi" justru itu perbuatan yang akan menyulitkan dan mengacaukan keserasian hidup, dan anda mungkin akan melihat sesuatu yang serba terbalik" (ashabul muslimin)


126. jangan mencela


"Menejelek-njelekan sesama muslim sama saja menjelek-njelekan diri sendiri. maka jika anda merasa lebih pandai dan lebih baik janganlah mengumbar mulut dengan merendahkan orang lain. secara tidak sadar anda telah menyombongkan diri karena merasa lebih baik daripada yang lain, sayang sekali walaupun jikalau memang anda termasuk benar namun disertai kesombongan hal itu pasti lebih buruk akibatnya. Maka bukankah sudah dikatakan oleh rasulullah " takan masuk surga orang sombong meskipun sebesar biji sawi". silahkan anda punya ilmu setinggi langit tapi jangan lupa kalau anda akan kembali ketanah (mati)" (ashabul muslimin)



127. melihat orang lain ...

"Melihat orang lain terkena akibat daripada perbuatannya jangan anda menertawakan, justru anda harus bersedih karena barangkali hal itu bisa menimpa kita sendiri. karena Allah tidak senang kepada orang yang menertawakan kesusahan orang lain."(ashabul muslimin)


128. Kunci surga adaah..


"Kunci surga adalah tauhid. Kunci Tauhid adalah tercantum dalam surat al-Ikhlas (ajaran meng-Esakan Allah SWT)".(ashabul muslimin)





129. Islam itu mudah namun jangan menganggap sepele


"Islam ini agama yang mudah. Akan mempersulit orang yang berlebihan dan orang yang menyepelekan"(ashabul muslimin)


130. Sedekah satu berbanding ilmu seribu


"sedekah satu lebih utama daripada ilmu seribu. Karena sedekah akan berbuah pahala dan bahkan semakin berlipat banyak (sedekah jariyah). sedangkan ilmu tidak berpahala kecuali diamalkan dan diajarkan kepada orang lain"

"Sedekah tak harus dengan harta karena nasehat yang baik itu juga sedekah"

(ashabul muslimin)



0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih