Thursday 17 May 2012

MUTIARA NASEHAT 141-150

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien



141. Jangan merasa aman dari makar Allah
“Menunda-nunda taubat adalah semacam menipu diri sendiri, Selalu berjanji yang tidak pernah ditepati adalah semacam kebingungan (bathin), Mencari-cari alasan (untuk menolak hukum syari'at) dihadapan Allah adalah kehancuran, dan melakukan maksiat terus-menerus adalah merasa aman dari makar-Nya. “Maka tidak akan merasa aman dari makar Allah kecuali kaum yang fasik”.(Nasehat Imam Jawad)

142. jangan membenarkan seluruh ucapan manusia
“Barang siapa yang mendengarkan kepada seorang pembicara (dan seraya mengikuti semua ucapannya) sesungguhnya ia telah menyembahnya (karena telah dianggap membenarkan semua ucapan manusia padahal manusia pasti banyak kesalahannya). Jika pembicara tersebut berasal dari Allah ( yaitu seperti rasulullah, para sahabatnya, alim ulama dan nasehat yang baik yang sesuai dengan ajaran islam), maka ia telah menyembah Allah, Tetapi jika pembicara tersebut berbicara atas nama Iblis (yang mengajak-ajak kepada kemungkaran), maka ia telah menyembah Iblis tersebut”
(Nasehat Imam Jawad)

143.  Anugrah dari Allah 
“Jiwa dan seluruh harta kita adalah anugerah Allah yang sangat berharga dan pinjaman dari-Nya yang telah dititipkan (kepada kita). Segala yang dianugerahkan kepada kita adalah pembawa kebahagiaan dan kesenangan, dan segala yang diambilnya (dari kita), pahalanya akan tersimpan. Barang siapa yang kemarahannya mengalahkan kesabarannya, (atau sifat pamernya mengalahkan keihlasannya) maka pahalanya telah sirna. Dan kami berlindung kepada Allah dari hal itu”
(Nasehat Imam Jawad)

144. Kebenaran adalah petunjuk dari Allah
"Ambilah nasehat yang baik dari orang lain walaupun orang itu tidak mengamalkannya. Karena sesungguhnya kebenaran itu petunjuk dari Allah meskipun keluar dari sesuatu yang paling kotor sekalipun"
(Ashabul Muslimin)

145. Mengontrol diri sendiri
“Kuwasiatkan lima hal kepadamu jika diamalakan maka hidupmu akan menjadi tenang  :
1. jika engkau dizalimi, jangan (membalas) berbuat zalim,
2. jika mereka mengkhianatimu, janganlah engkau (membalas) berkhianat,
3. jika engkau dianggap pembohong, janganlah lekas marah,
4. jika engkau dipuji, janganlah gembira, dan
5. jika engkau dicela, kontrollah dirimu (jangan balas mencela)
(Nasehat Imam Baqir)

146.  seorang bersama dengan yang dicintai
"Nabi pernah bersabda orang akan ikut serta dengan yang dicintainya pada hari kiamat. jika yang dicintainya ahli surga maka dia akan ikut kesurga jika yang dicintainya masuk neraka maka sesungguhnya akan ikut juga keneraka. maka sebaik-baik cinta adalah kepada rasulullah (sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah). Karena beliau sudah dijamin oleh Allah pasti masuk surga".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

147. Merasakan keutamaan ilmu
“Seseorang takkan bisa merasakan manfaat (keutamaan) dari ilmu yang dia pelajari sebelum diamalkan apa yang dipelajari”.(Ashabul muslimin)

148. 11 kunci 
"Menurut Imam Ibnu Qoyyim kehidupan ini mempunyai 11 kunci yaitu ;
1. kunci shalat adalah kesucian
2. kunci ibadah haji adalah ihram
3. kunci kebaikan adalah kejujuran
4. kunci surga adalah tauhid
5. kunci ilmu adalah bertanya dan menyimak dengan baik
6. kunci pertolongan adalah sabar
7. kunci bertambahnya rejeki adalah syukur
8. kunci di-ijabahnya permintaan adalah doa
9. kunci kemuliaan adalah taat kepada Allah dan RasulNya
10. kunci semua kebaikan adalah mencintai Allah dan mendahulukan kampung akhirat
11. kunci kejelekan adalah cinta dunia dan panjang angan-angan (ambisi berharta sebanyak-banyaknya dan berkuasa setinggi-tingginya diatas dunia)
(dikutip dari kitab khadil Arwah karya Ibnu Qoyim)

149. waspada kepada 3 orang
“Waspadalah terhadap tiga orang: pengkhianat, pelaku zalim, dan pengadu domba. Sebab, seorang yang berkhianat demi dirimu, ia akan berkhianat terhadapmu dan seorang yang berbuat zalim demi dirimu, ia akan berbuat zalim terhadapmu. Juga seorang yang mengadu domba demi dirimu, ia pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu.”
(Nasehat Imam Ja'far)

150. 3 sikap sumber kebaikan
“Tiga manusia adalah sumber kebaikan: manusia yang mengutamakan diam (tidak banyak bicara), manusia yang tidak melakukan ancaman, dan manusia yang banyak berzikir kepada Allah.”(Nasehat Imam Ja'far)





0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih