Monday 14 May 2012

Mutiara Nasehat No. 111-120

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien.




111. Siapakah yang kuat 
“Manusia yang kuat adalah manusia yang bisa mengalahkan keinginannnya (mengalahkan godaaan) dari kesenangan dunia kepada wanita, harta, anaknya, perhiasannya dan lainnya (hidup sederhana tidak silau dengan dunia) demi tercapainya keinginannya bertemu Tuhannya (diakhirat) “(Ashabul_Muslimin)

112. Ilmu tanpa amal 
“Ilmu itu diperoleh dari pengalaman dan menuntut pengamalan, Ilmu banyak tanpa pengamalan seperti memasukkan sesuatu kekeranjang yang berlubang (tidak berarti apapun), dan merupakan hal yang amat sia-sia”(Ashabul_Muslimin)

113. Tak usah berbangga diri
“tak usah berbangga dengan kelebihanmu dan ilmumu, karena sebesar apapun kelebihanmu takkan mampu menciptakan makhluk kecil seekor nyamukpun”(ashabul_muslimin)

114. Hakikat pandai
"Jika anda ingin melihat kepandaian sesorang maka jangan lihat hafalan ilmunya yang banyak. Tapi kepandaian seseorang yang sejati adalah nampak dari caranya mengamalkan ilmunya. Karena tak ada amal (diterima) tanpa ilmu dan tak ada ilmu (bermanfaat) tanpa amal". (ashabul MUslimin)

115. keimanan dan kekayaan
"Cukuplah Keimanan sebagai kekayaan paling banyak dan cukuplah kematian dan hari kiamat sebagai Penasehat paling baik".(Ashabul Muslimin dari hadits nabi)

116. Tawakal
"Tak ada perubahan tanpa tawakal tak ada kepandaian tanpa belajar" (ashabul muslimin)

117. Ciri munafiq
"Waspadai ciri kemunafikan. yaitu bersikap baik dihadapan orang dan bersikap buruk dibelakang orang, Karena mengerjakan amal bukan untuk mendapatkan pahala tapi beramal untuk dipuji manusia".(Ashabul Muslimin)

118. Ibadah terbaik
"Ibadah yang terbaik adalah menjaga mulut dan menjaga kemaluan. Karena nabi telah mengatakan kebanyakan manusia terjerumus keneraka adalah ulah mulut dan kemaluannya".(Ashabul Muslimin dari hadits)

119. Nasehati dirimu sebelum...
"Nasehatilah dirimu sebelum nasehat tidak berguna lagi bagimu (yaitu setelah datangnya kematian)" (ashabul muslimin)

120.  Yang terbaik
"Kekayaan yang terbanyak adalah syukur, usaha paling berhasil adalah sabar, kebahagiaan paling banyak adalah Qona'ah (menerima apa adanya karunia-Nya) "(Ashabul Muslimin)






0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih