Monday 7 May 2012

Mutiara Nasehat No. 21-30

Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien.
 


21. Keutamaan berdzikir saat sendirian
“Berdzikir kepada Allah paling utama adalah pada saat menyendiri. Karena itu janganlah merasa kesepian pada saat sendirian ingatlah Allah selalu bersama anda. Karena justru itu waktu yang paling utama untuk berdzikir kepada-NYa. Dan kau akan menemukan hikmah yang banyak dibalik kesendirian sambil mengingat kekuasaan Tuhan Semesta Alam”.
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

22. Orang yang bangkrut diakhirat
“Orang yang bangkrut bukanlah orang yang dagangnya rugi. Tapi orang yang benar-benar bangkrut adalah seseorang yang telah susah payah beramal banyak namun pahalanya hilang bagaikan debu yang berterbangan karena mulutnya diumbar seenaknya (menyakiti orang lain, nggibah, fitnah dll)”.
"karena pahalanya habis digunakan untuk membayar hutang dosa mulutnya. jika pahala tidak mencukupi untuk membayar hutang maka tidak lain akan jatuh keneraka."
(ashabul muslimin)

23. Lekaslah meminta maaf
“Jika kau marah lekaslah meminta maaf. Sebelum marah itu menjelma menjadi api yang membakarmu(dineraka) dan membakar amalmu (karena marah yang dituruti akan membuahkan sifat dendam kesumat yang menghabiskan pahala amal baik dan membuat keruhnya hati)”.
“dan pemberian maaf adalah pahala yang besar dan pemutus mata rantai setan (kebencian yang turun temurun)”.
(ashabul muslimin)

24.Manusia yang suci adalah..
“Tak ada manusia yang suci  dari dosa kecuali mereka yang gemar bertaubat. Karena sebaik-baik orang (yang berbuat salah) adalah yang bertaubat”.
"Manusia bukan malaikat. setiap manusia memang sudah kodratnya diciptakan untuk berbuat dosa. oleh karena itu Allah memberikan taubat sebagai solusi terbaiknya".
"Jangan sepelekan dosa kecil. Jika dibiarkan maka akan menumpuk maka jadi dosa besar juga".
(ashabul muslimin)

25. tak ada kata tidak belajar
“Pagi hari suasana sehangat mentari pagi, sore hari suasana sehangat lembayung senja. Maka semangatlah belajar diwaktu kecil (karena kau akan mudah menghafal ilmu) dan tak ada kata malu untuk belajar diwaktu usia dewasa (karena tak ada kata hidup tanpa belajar)”.
(ashabul muslimin)

26.Gengsi lawan dari qona'ah
“Gengsi adalah lawan  dari qona’ah. Maka barangsiapa menuruti sifat gengsi maka dia akan terkena penyakit ganas yang bisa mematikan hati yaitu cinta dunia dan takut mati”.
(ashabul muslimin)

27. Manja lawan dari mandiri
“Manja adalah lawan  dari mandiri. Maka barangsiapa menuruti sifat manja karena kehidupannya serba ada maka dia akan menyesal dihari tuanya, karena hidup ini tidak selalu dicukupi kebutuhannya oleh orang yang mengurusinya. akan ada suatu masa dimana kita hidup mandiri dan berganti  dari seorang manusia yang diurus menjadi manusia yang mengurus”.
(ashabul muslimin)

28. Pendidikan akan berhasil jika...
“Pendidikan tidak akan berhasil bila hanya mengutamakan kepandaian hafalan  tetapi tidak memperhatikan pemikiran akal (kemandirian), kesadaran / makrifat (untuk belajar) dan pengamalan (ilmu) yang telah didapatkan”.
(ashabul muslimin)

29. Pinter malah keblinger
"Janganlah biarkan dirimu menjadi katak dalam tempurung ".
“Yaitu menjadi orang yang pinter keblinger. 
Yaitu orang yang banyak ilmu (hafalan) namun tak tahu bagaimana cara mengamalkan ilmunya. 
"Yaitu orang yang hafal banyak ilmu namun malah kebingungan oleh ilmunya sendiri ".
Dan hafalan(ilmu) tidak akan berbuah kebaikan, kecuali disertai dengan pengamalan”. 
Dan amalan tidak akan sempurna juga tanpa disertai ilmu yang mapan".
(ashabul muslimin)

30. Siapakah alim itu
“Seseorang yang berilmu belum dikatakan alim bila belum mengamalkan ilmu yang dia dapat”.
(ashabul muslimin)

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih