Wednesday 27 February 2013

Mutiara Nasehat Islam No. 501 - 510

سْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien

 

501. Jangan banyak canda tawa

"jangan banyak bercanda jika tak ingin banyak salahnya, lucu menurutmu bisa jadi menyakitkan hati orang lain".

(ashabul muslimin)

 

 

502. sekali lagi sabar

"dengan bersabar kau akan menyelesaikan masalah yang mustahil diselesaikan orang pemarah".

(ashabul muslimin)

 

 

503. dampak marah

"Karakter dasar manusia (kebodohan) akan cepat terlihat ketika dia marah".

(ashabul muslimin)

 

 

503. optimis

"Jangan katakan tidak bisa, kecuali kau sudah berani mencoba berulang-ulang,Lihatlah para pendaki gunung, mereka bisa mencapai puncak, kenapa kita tidak bisa?. Seperti kesuksesan hidup, Kita juga bisa sukses seperti yang lain. Sebenarnya sukses bukan karena pandai tidaknya orang, Hanya butuh waktu dan pengalaman yang cukup untuk melakukan hal itu, karena kita yakini Tuhan mengkaruniai potensi yang sama besar kepada hamba-Nya, yang berbeda adalah pengalaman dan tawakalnya".

(ashabul muslimin)

 

 

504. pengecut bin pecundang

"Pengecut adalah orang yang suka melemparkan kesalahan kepada orang lain, pecundang adalah orang yang kalah sebelum bertanding (suka pesimis, pemurung dan mudah putus asa)".

(ashabul muslimin)

 

 

505. cerewet yuk.

"belajarlah 'cerewet' dalam kebaikan, dan jangan suka mendiamkan kejelekan. karena cerewet yang jelek dan mendiamkan kejelekan adalah kemungkaran yang sama".

(ashabul muslimin)

 

 

506. seni adalah relatif

"seni adalah sebuah nilai keindahan yang punya makna tertentu namun bersifat relatif, tak bisa dinilai secara ortodox, paten, dan otoritas bin fundamental. Kecuali yang menilai adalah orang egois. Karena seperti wajahmu. ada yg mengatakan cantik, biasa, ganteng, lumayan dll. hanya orang yang tak mengerti seni (bodoh) akan mengatakan jelek. karena wajahmu adalah kreasi seni dari Tuhanmu".

(ashabul muslimin)

 

507. keadaan Negara ini

"Negara ini tidak kekurangan orang pintar, negara ini rusak karena banyaknya orang bodoh yang pandai bicara dan orang yang tidak mau mengamalkan ilmunya, hanya bisa teriak tidak bisa melakukannya".

(ashabul muslimin)

 

 

508. Metaformosis

"Seperti halnya metaformosa kupu-kupu, untuk menjadi kupu-kupu, ulat butuh perjuangan yang panjang dan penderitaan yang tiada habisnya pada masa menjadi kepompong, begitu juga perjalanan hidup manusia, sukses dimasa tua biasanya karena ketekunan dan kesabarannya dimasa kecilnya dan tidak menghabiskan umur mudanya untuk hura-hura tetapi untuk mencari ilmu dan pengalaman".

(ashabul muslimin)

 

509. Gunakan akal

"disaat hatimu menemui kesempitan, gunakan akalmu untuk berpikir keras bagaimana mencari jalan kelonggaran.Apa gunanya akal pikiran jika tidak untuk digunakan. Dan sesuatu yang paling merusak akal adalah mudah marah".

(ashabul muslimin)

 

 

510. jaga mulut

"Jangan menyakiti hati orang lain sebagaimana kau tidak mau merasakan sakitnya disakiti orang lain. Jangan biarkan amalmu yang susah payah dikumpulkan menjadi debu yang berterbangan diakhirat nanti (sia-sia) karena sebab ulah mulut yang tidak diatur".

(ashabul muslimin)

 

1 comment:

  1. wah kata-kata mutiaranya memang sangat mnyentuh bagett nih gan

    ReplyDelete

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih