Mutiara Nasehat Islam No. 571 - 580


سْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
        
Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien.

571. Banyak tertawa banyak dosa

"Barangsiapa banyak tertawa maka akan sedikit ilmu hikmah (pelajaran) masuk kedalam hatinya, karena banyak tertawa adalah salah satu sebab mengerasnya hati. orang yang keras hatinya akan mendapatkan ilmu namun melewati kerongkongannya saja (tidak paham sama sekali), lagipula banyak bercanda banyak salahnya, otomatis banyak pula dosanya, banyak dosa penyebab kesempitan hidup dunia akhirat".

(Ashabul Muslimin)

 

 

572. Hati laksana raja

Hati adalah raja anggota tubuh. Dan anggota tubuh adalah para prajuritnya. Apabila raja baik, maka baik pulalah para prajuritnya. Dan apabila raja busuk, maka busuk pulalah para prajuritnya. Hati adalah raja. Seluruh tubuh adalah pelaksana semua titahnya yang selalu siap untuk menerima arahannya. Aktivitasnya tidak dinilai benar, jika tidak diniatkan dan dimaksudkan benar oleh sang hati. Pada kemudian hari (hari kiamat), hati akan ditanya tentang para prajuritnya. Sebab setiap pemimpin itu bertanggungjawab atas yang dipimpinnya.

 (Abu Hurairah ra.)


573. Keselematan itu menjaga lidah

"Keselamatan itu adalah menjaga lidah. Ada seorang hamba tergelincir keneraka lebih jauh dari timur dan barat hanya karena satu ucapan mungkar yang ia anggap remeh. Maka jagalah ini (sambil memegang lidah)"

 (Rasulullah saw)


574. Kunci dunia dan kunci akhirat

Kunci (kesenangan) dunia adalah kenyang. Kunci (kesenangan) akhirat adalah lapar.

(Ad-darimi)


575. Memelihara perut artinya memelihara akhlak

Barangsiapa memelihara perutnya, akan terpeliharalah diennya (agamanya). Dan barangsiapa mampu menguasai rasa laparnya, akan memiliki akhlak yang terpuji. Sesungguhnya, kemaksiatan kepada Allah itu jauh dari seorang yang lapar dan dekat dengan seorang yang kenyang.

 (Ibrahim bin Adham)


576. Hindari makan minum berlebihan

"Banyak makan dan minum adalah pembesar nafsu syahwat, perusak hati dan penumpul akal"

(Ashabul Muslimin)


578. 4 penyebab kerusakan hati

Racun penyebab rusaknya hati manusia ada 4 :

Pertama, Banyak Bicara

Kedua, Banyak Memandang (pandangan liar)

Ketiga, Banyak Makan dan Minum

Keempat, Banyak Bergaul Dengan Teman Yang Buruk

(Ust. Abdullah Shalih Al-Hadrami)


579. Agama tergantung temannya

Seseorang itu mengikuti (tradisi) agama sahabatnya. Oleh karena itu, hendaknya kalian memperhatikan kepada siapa kalian bergaul"

 (Rasulullah saw)

 

580. Sebaik-baik saudaramu

"Saudaramu yang selalu mengingatkanmu akan ketakwaanmu di sisi Allah adalah lebih baik bagimu, daripada saudaramu yang selalu memberimu dinar (harta benda).

 ( Bilal bin Sa'ad)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA KIAMAT : ANAK SD JAMAN SEKARANG !! PUBER AWAL & RUSAK MORAL

DOWNLOAD GRATIS EBOOK HADITS SHAHIH MUSLIM (ARAB-INDO)

Kumpulan Foto-Foto Tanda Kebesaran Allah