Sifat-Sifat Penghuni Surga Dan Neraka Ketika Di dunia

 Imam Al-Qurthubi menulis dalam kitabnya At-Tadzkirah, bahwa Ibnu Wahab berkata: Saya telah mendengar Ibnu Zaid berkata,“Allah telah mensifati penghuni surga selagi di dunia, (ialah orang yang memiliki) rasa takut, sedih, suka menangis dan khawatir (akan diadzab). Oleh karenanya, Allah memberi ganti kepada mereka berupa kenikmatan dan kegembiraan di akhirat.” Lalu Ibnu Zaid membacakan firman Allah Azza wa Jalla;

    “Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami, merasa khawatir (akan diadzab).” (QS. At-Thur: 26).

Dia katakan pula, “Dan Allah mensifati penghuni neraka selagi di dunia, (ialah orang yang) bergembira, tertawa dan suka bersenang-senang"

Dia berfirman:
    “Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir). Sesungguhnya dia yakin, bahwa dia sekali-kali tidak akan kembali (kepada Rabbnya) (bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Rabbnya selalu melihatnya.” (QS. Al-Insyiqaq: 13-15).

Demikianlah sifat penghuni surga dan penghuni neraka  sangat berbeda sekali keadaan hidupnya selama didunia. ketika didunia penghuni surga akan selalu gelisah, sedih, takut dan khawatir sekali dia akan termasuk orang yang diazab dineraka. Sedangkan ketika didunia penghuni neraka, selalu bersenang-senang, bermewah-mewahan, berbangga diri, tidak khawatir sedikitpun bahwa ia akan masuk neraka karena dia merasa aman akibat semua maksiat yang menutupi mata hatinya. Mereka berpikir bahwa harta yang mereka dapatkan kekayaan yang mereka usahakan dapat membahagiakan dan mengekalkan kehidupan mereka. Sehingga mereka bersifat pelit, kikir dan tidak peduli kepada nasib sesamanya. Mereka adalah kaum yang mementingkan hawa nafsu dan meninggalkan perintah agama. Selalu menuruti ambisi duniawi yang tiada habisnya.

Wallahu'alam



refrensi :
al-Quran
Al-Hadits
fajarcoid


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANDA KIAMAT : ANAK SD JAMAN SEKARANG !! PUBER AWAL & RUSAK MORAL

DOWNLOAD GRATIS E-BOOK HADITS BULUGHUL MARAM (ARAB-INDO)

Video : Ngintip Remaja Mesum Di Semak Semak Di Rekam Banyak Orang (Tanda Kiamat)