Saturday 11 August 2012

Mutiara Nasehat No. 321-330

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien



321. Pahala mengiring jenazah muslim

"Barangsiapa yang mengiringkan jenazah orang Islam karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, dan ia bersamanya sehingga jenazah itu dishalati dan selesai dikuburkan, maka ia kembali mendapat pahala dua qirath yang masing-masing qirath seperti Gunung Uhud. Barangsiapa yang menyalatinya kemudian ia kembali sebelum dikuburkan, maka ia kembali dengan (pahala) satu qirath."



(hadits rasulullah)



322. Takutlah kepada kemunafikan

'Tiada seorang pun yang takut akan hal itu (yakni kemunafikan) melainkan ia adalah orang mukmin yang sebenar-benarnya dan tiada seorang pun yang merasa aman akan hal itu melainkan ia pasti seorang yang munafik."



(hadits rasulullah)



323. Fasik dan kafir

"Mencaci maki orang muslim adalah fasik dan memeranginya adalah kafir."

(hadits rasulullah)


324. agama yang diridhoi-Nya hanya Islam


"Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima agama itu daripadanya. "


 (Ali Imran : 85)


325.  Tanah larangan dan segumpal daging
Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya (dan dalam satu riwayat: kemaksiatan-kemaksiatan itu adalah tanah larangan Allah).
Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati."


(Hadits Rasulullah)


326. keputusan dengan pertimbangan 


“Mengambil keputusan dengan pertimbangan (berpikir lebih dari dua kali sebelum memutuskan masalah) adalah menggunakan akal sehat. Sedangkan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa adalah menggunakan hawa nafsu. Dan sesungguhnya tergesa-gesa adalah sifat syaiton.”

(ashabul muslimin)


327. Allah mengangkat derajat orang berilmu

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan"


(al-Mujaadilah: 11)


328. Bahaya menyiakan amanat 


“'Apabila amanat itu telah disia-siakan, maka nantikanlah kiamat.' sahabat berkata, 'Bagaimana menyia-nyiakannya?' Beliau bersabda, 'Apabila perkara (urusan) diserahkan kepada selain ahlinya, maka nantikanlah kiamat”

(Hadits Rasulullah)


329. 3 orang

"Maukah saya beritakan tentang tiga orang. Yaitu, salah seorang di antara mereka berlindung kepada Allah, maka Allah melindunginya; yang seorang lagi malu, maka Allah malu terhadapnya; dan yang lain lagi berpaling, maka Allah berpaling darinya."

(hadits rasulullah)


330. Golongan robbani

Ibnu Abbas berkata, "Jadilah kamu semua itu golongan Rabbani, yaitu (golongan yang) penuh kesabaran serta pandai dalam ilmu fiqih (yakni ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hukum hukum agama), dan mengerti atau memahami."



Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud "Rabbani"' ialah orang yang mendidik manusia dengan mengajarkan ilmu pengetahuan yang kecil-kecil sebelum memberikan ilmu pengetahuan yang besar-besar (yang sukar).



(Nasehat Sahabat Nabi saw)








0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih